Banner Konten Website Sebagai Aset Digital Bagi Pelaku UMKM

Website Sebagai Aset Digital Bagi Pelaku UMKM

Website Sebagai Aset Digital Bagi Pelaku UMKM

Website Sebagai Aset Digital Profesional – Para pelaku UMKM dalam mengelola dunia bisnis memiliki peran yang besar dalam pasar jika mereka mempunyai tim pemasaran yang solid dan tepat. Oleh karena itu dengan berkembangnya dunia marketing mereka akan terbantu dalam mengembangkan usaha maupun promosi yang lebih luas lagi. Hampir semua perusahaan menggunakan tekni marketing yang baik. 

Website, Social Media, Blog, Marketplace dan lain-lain merupakan salah satu tools/wadah pemasaran produknya. Lalu seberapa penting digital marketing untuk UMKM? Apakah UMKM membutuhkan platform website sebagai aset digital profesionalnya? Kali ini saya sendiri (Muhammad Daris Arifin) sebagai admin Karyatechno akan mengulas pembahasan tentang UMKM dan Website. Simak pembahasannya berikut ini!

Peran Pemasaran Produk Secara Digital Melalui Website

Website Sebagai Aset Digital Marketing – Kegiatan pemasaran produk menjadi faktor utama penentu dalam meningkatkan penjualan semua usaha. Memaksimalkan digital marketing pada website UMKM adalah cara paling efektif karena:

(1.) Mudah Mendapatkan Pelanggan

Dengan adanya website, proses penyampaian informasi terkait brand dan produk menjadi lebih mudah terjangkau untuk semua orang. Apalagi hampir semua orang mengakses internet dengan ponsel mereka. Selain itu melakukan promosi adalah pilihan tepat untuk UMKM saat ini.

(2.) Memenuhi Kebutuhan Lebih Cepat

Pemasaran produk secara digital memberikan respon yang cepat kepada pelanggan. Faktanya, pelayanan yang cepat menjadi nilai tambah yang merangsang pelanggan untuk tetap melakukan pembelian produk. Pelanggan akan lebih mudah menghubungi kamu melalui website dalam melakukan pemesanan. Oleh karena itu membuat website merupakan keuntungan untuk kelancaran bisnismu.

(3.) Meningkatkan Penjualan Produk

Semakin banyak yang menemukan produkmu maka permintaan akan barang akan meningkat. Sehingga jumlah pelanggan semakin bertambah. Sementara angka penjualan akan semakin meningkat dan memberikan keuntungan yang maksimal pada pelaku UMKM. Yuk kembangkan bisnismu sekarang juga!

6 Alasan Penting Mengapa UMKM Harus Bikin Website

Mengapa UMKM perlu bikin website? Kata siapa website hanya untuk perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki produk dan bisnis yang matang? Kamu sebagai Owner UMKM juga bisa kok bangun website bisnismu dari sekarang. Coba pikirin, deh, website ternyata punya banyak manfaat dan fungsi untuk lebih terhubung dengan pelanggan, loh. Sangat menguntungkan bukan? jika website sebagai aset digital.

6 alasan ini akan benar-benar meyakinkanmu dalam perencanaan membangun sebuah website yang menguntungkan. Terlebih lagi sekarang sudah era nya digitalisasi yang mendorong masyarakat untuk aktif pada bidang teknologi dan ekonomi kreatif. Kami akan mengulas beberapa poin yang sering menentukan keputusan pada klien kami dalam permintaan project pembuatan website. Yuk simak pembahasan berikut :

(1.) Memudahkan Pelanggan untuk Mencari Produk

Yang pertama adalah kemudahan calon pelanggan dalam menemukan produk kita. Faktanya UMKM yang bergerak pada bidang non retail akan sering menemukan pelanggan yang benar-benar membutuhkan produk/jasa yang mereka cari. Dengan adanya website produk kita akan mudah dicari. Maka dari itu UMKM perlu bikin website usahanya. Poin inilah yang menjelaskan website sebagai aset digital.

(2.) Terhubung dengan Pelanggan Secara Langsung

Selain tatap muka, pelanggan juga dapat berkomunikasi jarak jauh secara langsung. Informasi kontak layanan bisa kita taruh pada halaman website. Keuntungannya pelanggan akan menghubungimu jika berminat dan tertarik pada salah satu produk yang kamu jual. Hal ini memudahkan sistem katalog produk.

(3.) Mengumpulkan Data Informasi Pelanggan Kamu

Apakah produkmu hanya untuk pelanggan baru? Lalu sudahkah menerapkan pemasaran yang efektif? Bagaimana omset penjualanmu? Pertanyaan mendasar tersebut hanya bisa terjawab ketika memiliki amunisi yang cukup yaitu “Data”. Dengan adanya website kita bisa merekap data pelanggan. Dengan begitu promosi-promosi akan tertarget secara tepat.

(4.) Meningkatkan Kredibilitas Toko pada Bisnismu

Mengapa UMKM perlu bikin website? Karena dengan adanya website kita sudah memiliki rumah kedua untuk produk kita. Jika rumah pertama bersifat offline seperti kios, toko, dan lain-lain maka rumah kedua bagi produkmu harus online. Contohnya seperti website dan medsos. Maka bisnismu memiliki tingkat kepercayaan/kredibel. Sangat menguntungkan jika website sebagai aset digital.

(5.) Menghemat Biaya Anggaran Modal & Operasional

Salah satu alasan dari klien kami adalah tentang penghematan biaya pada pembangunan toko. Katakanlah kita membangun aset sebuah butik pakaian yang menghabiskan dana 650jt untuk tanah, bangunan dan karyawan. Atau mungkin sewa tempat pada space ruko supermarket bisa menghabiskan dana 30jt s/d 250jt per tahunnya. Lantas apa solusi untuk menghemat biaya tersebut?

Untuk menjawab solusi tersebut kita lihat dahulu banyak pedagang/penjual online shop yang sukses dan memiliki profit berkali lipat. Kuncinya adalah platform digital. Dengan adanya Toko Online, Medsos, dan Marketplace semua bisa kita miliki dengan biaya yang cukup ekonomis. Bagaimana kamu tertarik? hehe…

(6.) Memudahkan Produk dalam Pemasaran Digital

Alasan yang terakhir adalah tentang pemasaran atau marketing? Apa yang mau kamu pasarkan? tentunya produk atau jasa layanan. Bagaimana cara memasarkannya? kita pasti tahu sebagai seorang pebisnis yang akan membidik target pasar. Eitsss, namun melalui apa pemasaran produknya? 

Sebenarnya tiap produk/jasa masing-masing memiliki tools dan cara yang berbeda dalam promosinya. Namun jika produkmu kurang maksimal dipasarkan secara konvensional apa yang harus dilakukan? Ketika memiliki website itulah tandanya kamu sudah siap memasarkan produk.

Hosting dan Domain Sebagai Kebutuhan Utama Website

Apabila ingin membuat website, tentu memerlukan domain dan hosting untuk mengaktifkan website secara online. Kamu bisa memesan nama domain maupun sewa hosting di Sahabat Hosting. Caranya pun cukup mudah, dengan mengunjungi laman sahabatdosting.com maka bisa menemukan apapun seputar kebutuhan website.

Kemudian, bisa melakukan riset domain terlebih dahulu sesuai domain yang kamu inginkan. Dengan memasukan keyword atau nama brand pada kolom pencarian nama domain. Jika membutuhkan Hosting Murah, maka sahabathosting.com menyediakan pilihan dengan harga yang tepat dan ramah dengan kantong.

Lakukan registrasi pada akun sahabathosting.com, selanjutnya order domain dan hosting. Dalam memilih hosting pastikan sesuai kebutuhan. Setelah itu buatlah website dengan cara mengcoding atau bila masih pemula, admin sarankan cukup membuat website dengan web instan seperti blogspot maupun wordpress.

2 komentar untuk “Website Sebagai Aset Digital Bagi Pelaku UMKM”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *