Banner Konten P2P Lending Fintech untuk Modal Rakyat

P2P Lending, Fintech untuk Modal Rakyat

P2P Lending, Mengenal Lebih Dalam Fintech Model Ini

P2P Lending Modal Investment – Membicarakan mengenai konsep peer-to-peer, ada dua pendekatan yaitu sebagai pemberi pinjaman (pendana) atau sebagai peminjam. Apapun peranmu dalam hal peer-to-peer lending, semua posisi memberikan kegunaan dan manfaat dalam masalah finansial. Perlu kalian ketahui sistem P2P Lending ini juga memiliki risiko sama seperti aktivitas finansial yang lain. Namun, kamu perlu tetap waspada dan hati-hati saat melakukannya.

Apa Itu Peer-to-Peer Lending? – Cara untuk memberi pinjaman dana ke perorangan maupun bisnis. Selain itu, juga sebaliknya melakukan pengajuan pinjaman demi kebutuhan bisnis maupun perorangan. Pada intinya, peer to peer lending akan mengkoneksikan antara pendana (pemberi pinjaman) dengan si peminjam secara online. Melalui P2P Lending setiap orang dapat mengajukan atau memberi pinjaman dengan bermacam-macam tujuan, tanpa menggunakan layanan dari perbankan. 

Bagaimana Cara Kerja Fintech Peer-to-Peer Landing?

Cara Kerja Peer-to-Peer Landing – Sistem dalam P2P ini cenderung mirip dengan konsep marketplace online, yang menyajikan tempat sebagai wadah pertemuan antara penjual dengan pembeli. Akan tetapi sistem inilah yang akan mempertemukan pihak peminjam dengan si pemberi pinjaman adalah sistem. Sederhananya peer-to-peer lending adalah marketplace untuk aktivitas pinjam-meminjam uang.

1. Sebagai Pemberi Pinjaman

Pemberi pinjaman dapat membiayai secara instan ke berbagai sumber. Selanjutnya dia mempunyai akses untuk mengamati data-data dari peminjam dengan aplikasi. Seluruh data si peminjam seperti riwayat keluarga, pendapatan, dan tujuan pinjaman dapat tersaksikan.

Ketika ingin membiayai pinjaman pilihan, pemodal akan segera menyalurkan sejumlah dana. Selanjutnya si peminjam akan melunasinya melalui cicilan atau pada akhir tenor. Melalui hal ini pemberi pinjaman atau pemodal akan memperoleh keuntungan yang berasal dari bunga atau keuntungan usaha. 

2. Sebagai Penerima Pinjaman

Bagi peminjam, mereka hanya perlu mengunggah seluruh dokumen sebagai syarat untuk pengajuan pinjaman online. Pengajuan pinjaman bisa ditolak maupun diterima tergantung dari berbagai faktor. Penerapan ini akan senantiasa berjalan apabila sudah terkonfirmasi dan Acc pada proses peminjaman.

Setelah permohonan modal kamu akan terdaftar dalam marketplace. Dengan begitu, semua pemberi pinjaman dapat menyaksikan permohonan dana dan kemudian membiayainya. Dengan ini pemodal bisa mereview permohonan dana pinjaman dari UMKM.

Fintech P2P Lending sebagai Alternatif Investasi

Perkembangan fintech P2P Lending sekarang semakin terasa bertumbuhannya dan mudah untuk kita akses. Terutama bagi masyarakat yang masih kesulitan memperoleh pinjaman dana. Bahkan para pelaku UMKM yang memerlukan modal untuk mengembangkan usahanya. Contohnya pada Modalrakyat.id memberikan akses pinjaman kepada mereka yang perlu modal untuk perawatan kesehatan, ekonomi maupun pendidikannya masing-masing.

Selain itu, investasi pada P2P Lending ini memberikan penawaran return yang cukup tinggi setiap tahunnya. Akan tetapi, melakukan investasi harus sesuai dengan profil dan risiko yang akan kalian terima. Begitu dengan bagaimana cara memanajemennya. Karena itu hal yang paling utama dalam berinvestasi pada P2P Lending ini adalah paham tentang risikonya. Selanjutnya hindari berinvestasi tanpa tahu level dan jenis risiko yang akan kamu hadapi.

Mengapa Pembiayaan P2P Lending Cocok Bagi Anak Muda?
  • Yang pertama pengembalian yang lebih tinggi
  • Berikutnya sistem kepemilikan yang fleksibel
  • Kemudia dapat melakukan diversifikasi
  • Juga terdapat pengembalian tiap bulan
  • Yang terakhir tntuk tingkat risiko rendah
Cara Mengatasi Risiko Pendanaan Peer to Peer Lending :
  1. Memilih brand yang terdaftar secara resmi
  2. Melihat angka NPL dari platform P2P Lending
  3. Mempelajari peluang pinjaman dengan cermat
  4. Memilih platform yang memakai jaminan
  5. Mencoba dan memulai dengan nominal kecil

Modalrakyat.id Merupakan Contoh Fintech P2P Lending

Modalrakyat.id Fintech Marketplace – Modal Rakyat merupakan sebuah brand sekaligus platform Financial Technology dengan mengadopsi sistem Marketplace. Yang mempertemukan pemberi modal dengan penerima modal usaha dengan cara kerja Peer-to-Peer. Platform ini membantu percepatan ekonomi bangsa dengan melakukan terobosan inovasi Fintech nya. Modal Rakyat sudah menjadi alat investasi maupun peminjaman modal bagi UMKM maupun pengusaha besar.

Jenis Pendanaan yang Bisa Kalian Pilih di Modalrakyat.id

Modal Rakyat membagi jenis peminjaman dana ke dalam 3  pilihan. Yaitu Modal Invoice dimana modal tersebut menggunakan jaminan faktur. Kemudian yang ke-2  adalah Modal Micro, modal ini diperuntukan untuk peminjaman dana nominal kecil untuk mengembangkan usaha mikro. Yang terakhir Modal Usaha, hampir sama dengan Modal Micro namun jumlah dan nominalnya cocok untuk scale up bisnis dengan level UMKM naik kelas. Bagaimana apakah kalian tertarik? 

Modal Invoice

Modal Micro

Modal Usaha

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *